Selasa, 06 September 2011

ARSITEKTUR SURYA DENGAN SISTIM SURYA AKTIF DAN PASIF

            
Arsitektur surya dapat di definisikan sebagai tatanan arsitektur yang memanfaatkan teknologi energi surya baik secara langsung maupun secara tidak langsung kedalam bangunan secara
maksimal, dimana elemen elemen ruang arsitektur (lantai, dinding, atap, langit langit, aksesoris bangunan) berfungsi sebagai suatu sistim surya aktif maupun sistim surya pasif. Pada umumnya arsitektur surya ini mempunyai identitas sebagai tipologi arsitektur untuk konservasi energi.

Sistim Surya Aktif (active solar system) merupakan suatu teknologi yang memanfaatkan energi surya dalam bangunan melalui konversi energi cahaya menjadi energi panas dengan bantuan peralatan peralatan mekanis untuk tujuan pemanasan air domestik, pemanasan dan pendinginan ruang atau melalui konversi energi cahaya menjadi energi listrik untuk tujuan penerangan/penggunaan alat alat elektronik lainnya.

Sistim Surya Pasif (passive solar system) merupakan suatu teknik pemanfaatan energi surya secara langsung dalam bangunan tanpa atau seminimal mungkin menggunakan peralatan mekanis, melalui perancangan elemen elemen arsitektur (lantai, dinding, atap, langit langit, aksesoris bangunan) untuk tujuan kenyamanan manusia (mengatur sirkulasi udara alamiah, pengaturan temperatur dan kelembaban, kontrol radiasi matahari, penggunaan insulasi termal).

Terdapat banyak teknik sistim surya aktif/pasif yang bisa di implementasikan di Indonesia sehingga memerlukan analisis yang akurat untuk menentukan suatu pilihan yang tepat bagi suatu tempat tertentu disini. Karakteristik iklim panas lembab di Indonesia (temperatur 300 C-35 0C DBT-dry bulb temperature dan kelembaban 80%-100% RHrelative humidity) menuntut sintesis antara arsitektur tropis dengan arsitektur surya yang tentu saja membutuhkan ke piawaian untuk memadukannya. Kriteria teknis fisibilitas penggunaan energi surya disuatu lokasi sedikitnya ditentukan oleh intensitas radiasi matahari (kW/M2) yang diukur dengan pyranometer dan jumlah hari cerah (hari/tahun atau jam/hari) yang diukur dengan solarimeter.
Share

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Save Energy and Go Green and Powered by Blogger.